Palembang (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan, pembangunan tol Palembang - Tanjung Api Api menjadi skala prioritas karena jalan bebas hambatan tersebut untuk menuju ke pelabuhan samudera.

Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jalan yang menuju ke pelabuhan harus diprioritaskan dibangun, katanya saat berbicara dalam seminar nasional Laporan Perekonomian Indonesia 2014 "Memperkuat Modal Dasar Konektivitas" di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Oleh karena itu, ia menyatakan, pihaknya akan mengutamakan pembangunan jalan bebas hambatan menuju kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sumatera Selatan itu.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah dikerjakan tol yang akan membuka akses ke pelabuhan di Tanjung Apu Api tersebut," ujarnya.

Basoeki menyatakan, pada 2015 pihaknya akan mengerjakan terlebih dulu tol Palembang - Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Apalagi, ia menambahkan, Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sehingga jalan bebas hambatan itu harus secepatnya rampung.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, pembangunan tol Palembang - Tanjung Api Api dimulai pada 2016 karena saat ini sedang dilakukan perencanaan dan kelayakan jalan bebas hambatan tersebut.

Menurut dia, pembangunan tol dari Palembang menuju Tanjung Api Api penting karena daerah tersebut sudah ditetapkan menjadi KEK yang memiliki pelabuhan laut, ujar dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015