Sedangkan berangkat ke Tanah Suci pada 3 September 2015
Padang Panjang, Sumbar (ANTARA News) - Calon Haji yang berasal dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat direncanakan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan salah satu rukun Islam pada 2 September 2015.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama Padang Panjang Syaiful Arifin di Padang Panjang, Senin mengatakan, jadwal keberangkatan calon haji dari daerah itu sudah sesuai dengan ketentuan pihak penyelenggara haji di Indonesia.

"Itu jadwal keberangkatan calon haji dari Padang Panjang menuju asrama di embarkasih Padang. Sedangkan berangkat ke Tanah Suci pada 3 September 2015," ujarnya.

Keberangkatan calon haji dari Padang Panjang tersebut menurut dia, termasuk gelombang I yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) X.

"Calon Haji Padang Panjang akan bergabung dengan Kota Padang dan Kabupaten Limapuluh Kota. Satu kloter berjumlah sekitar 450 orang," sebutnya.

Untuk Padang Panjang, kata dia data sementara memberangkatkan 128 orang calon haji pada 2015 ini yang berasal dari sebagian daerah Tanah Datar bagian barat.

Ia mengimbau kepada calon haji untuk berniat dengan ikhlas dan meninggalkan beban permasalahan yang ada, termasuk menjaga kesehatan.

Selain itu, mereka juga diminta mentaati seluruh peraturan selama pemondokan dan menjalankan ibadah, menjaga persatuan dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak ibadah haji.

"Dalam melaksanakan ibadah haji cukup banyak larangan. Kami harap larangan tersebut jangan dilanggar agar tidak merusak ibadah yang dilakukan. Kami juga minta para jamaah mendoakan keselamatan dan kesejahteraan bagi keluarga yang ditinggalkan," katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Padang Panjang Eri mengatakan, untuk pemberangatan haji 2015 ini akan difasilitasi oleh pemerintah setempat.

"Pemkot Padang Panjang sudah menyiapkan sejumlah kendaraan untuk mengantarkan calon haji ke embarkasi Padang dan termasuk biaya domestik," ujarnya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015