Palangka Raya (ANTARA News) - Perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) se-Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melakukan pertemuan untuk menyiapkan berbagai program untuk kepentingan negeri dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sesuai arahan Menteri BUMN agar dalam Peringatan 70 Tahun Indonesia Merdeka, maka BUMN wajib melakukan kegiatan untuk merayakannya di seluruh wilayah Indonesia," kata Penanggung Jawab Pelaksana, Suradi Wongso Suwarno di Palangka Raya, Kamis.

Suradi mengatakan, seluruh BUMN turut ambil peran dalam peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka dengan tema "BUMN Hadir untuk Negeri" melalui berbagai kegiatan yang dapat berkontribusi untuk masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris PT Wijaya Karya (WIKA) itu mengatakan seluruh perwakilan BUMN di wilayah Kalimantan Tengah telah beberapa kali melakukan pertemuan guna membahas persiapan dan pemantapan pelaksana kegiatan tersebut.

Sementara itu, Dody Novarianto selaku Koordinator Lapangan menerangkan, berbagai acara direncakaan akan dilaksanakan selama dua hari dan berpusat di depan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng.

Rangkaian kegiatan akan dimulai Minggu pagi (16/8) sekitar pukul 05.30 WIB dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti dengan pembagian "dorr prize". Kemudian malam harinya sekitar pukul 19.30 WIB dilanjutkan dengan pemutaran film layar tancap.

Pada Senin (17/8) kegiatan diawali dengan upacara bendera bersama dengan pemerintah Provinsi.

"Siang harinya di halaman Kantor KONI sekitar pukul 13.00 WIB kita juga adakan penjualan sembako murah," kata Dody yang juga menjabat sebagai Kepala Cabang Jamkrindo Palangka Raya itu.

Rangkaian kegiatan lain yang juga digelar ialah pengerahan bantuan untuk perbaikan rumah veteran, lomba rakyat untuk keluarga besar BUMN dan penyerahan bantuan fasilitas untuk sekolah.

"Beberapa kegiatan akan diserahkan secara simbolis. Kemudian selama dua hari itu di halaman KONI, kita juga membuka beberapa "stand" (gerai) yang menampilkan produk dari BUMN," katanya.

Berdasarkan data sementara BUMN yang terlibat di antaranya PT WIKA, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia, Jamkrindo, BRI, BNI, Mandiri, Jasa Raharja, Jiwasraya, PNM, Pegadaian, Garuda Indonesia, TVRI, BTN, Taspen, Pos, Bulog, Pertamina, Telkom, Jasindo, PLN, Askrindo dan LKBN Antara.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015