Pekalongan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan memberikan vaksin campak pada ribuan pelajar sekolah dasar (SD)/ madrasah ibtidaiyah (MI) pada program "Bulan Imunisasi Anak Sekolah".

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Sukmawati di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa program "Bulan Imunisasi Anak Sekolah" ini bertujuan untuk mencegah penyakit campak dan menambah kekebalan daya tahan tubuh pada anak.

"Pemberian vaksin campak pada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah" ini akan kami laksanakan pada September mendatang. Sasarannya, adalah siswa SD/MI," katanya.

Ia mengatakan jumlah siswa yang akan di vaksin campak tersebut mencapai sekitar 16 ribu orang yang berasal dari 149 sekolah SD/MI.

"Untuk menyukseskan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah, kami berharap pada orang tua atau wali murid membolehkan anaknya mendapatkan imunisasi campak karena pada program tahun sebelumnya sekitar 244 anak yang menolak diimunisasi," katanya.

Menurut dia, program "Bulan Imunisasi Anak Sekolah" dilaksanakan setiap tahunnya sehingga pada kesempatan ini, pemkot minta pada orang tua siswa bisa memberikan pengertian pada anaknya.

"Kami minta pada orang tua siswa memberikan penjelasan pada anaknya jika imunisasi itu tidak akan membawa rasa sakit melainkan akan menambahkan daya tahan kekebalan tubuh dan mencegah terserang campak," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015