Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah mengimbau jamaah calon haji untuk mewaspadai penyebaran virus MERS, selama berhaji di tanah suci Makkah.

"Sebagai antisipasi dimohon jamaah menjaga kesehatan dan mengikuti seluruh aturan dan petunjuk yang diberikan petugas," Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Ubaidllah Ahmad, Sabtu.

Dikatakan, salah satu cara mencegah agar jamaah bisa terlindung dari virus MERS dengan membatasi atau menghindari diri keluar ke tempat-tempat yang menjadi sumber MERS.

"Misalnya ke peternakan onta atau berfoto dengan onta. Selain itu, jamaah diimbau untuk banyak minum air putih, banyak makan buah-buahan dan rajin mengkonsumsi multivitamin serta menggunakan masker," tambahnya.

Ia juga mengimbau para jemaah haji mewaspadai cuaca di Arab Saudi, yang menurut perkiraan cuaca mencapai 48 derajad Celcius pada siang hari. Temperatur pada siang hari di Kalimantan Tengah "hanya" sekitar 35 derajad Celcius. 

Dia meminta agar jamaah haji nantinya saat berada di tanah suci mengikuti petunjuk dari petugas pendamping. Selain itu, juga membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta mengurangi aktivitas di luar ruangan yang tidak penting.

"Ketika keluar menggunakan masker dan dibasahi, menggunakan kacamata, bibir harus diolesi pelembap, minum satu gelas air putih setiap jam, membawa semprotan air dari tanah air, handuk kecil untuk dibasahi serta konsumsi buah-buahan," kata dia.

Ia pun berharap 1.069 calon haji asal Kalimantan Tengah yang rencananya akan diberangkatkan pada 8 hingga 10 September 2015 dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk dan dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015