Dubai (ANTARA News) - Kelompok Al-Qaida di Yaman membantah menahan seorang sandera asal Inggris setelah Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan telah menyelamatkannya dari kelompok bersenjata pekan ini.

Pihak berwenang di Abu Dhabi dan London mengatakan pada Minggu bahwa sandera asal Inggris yang dikenali sebagai pekerja minyak Robert Douglas Semple (64) diselamatkan oleh pasukan UEA dalam operasi militer terhadap Al-Qaida di Yaman.

"Pemerintah UEA menyatakan membebaskan seorang warga Inggris yang diculik Al-Qaida... Berita itu tidak benar karena kami tidak menahan seorang pun asal Inggris," kata Kelompok Al-Qaida di Jazirah Arab (Al-Qaeda in the Arabian Peninsula/AQAP), jaringan dari cabang kelompok Yaman, di laman mereka.

Kantor berita UEA, WAM, mengatakan Semple diselamatkan setelah diculik 18 bulan saat bekerja di Provinsi Hadramaut di Yaman tenggara.

Pasukan UEA ambil bagian dalam koalisi pimpinan Arab Saudi untuk mendukung pemerintah Yaman di pengasingan melawan pemberontak Syiah yang didukung Iran di Yaman, yang juga rumah cabang paling aktif cabang Al-Qaida tersebut.

Al-Qaida telah mengambil keuntungan dari kekacauan di Yaman untuk merebut wilayah, termasuk ibu kota Provinsi Hadramawt, Mukalla.

Penculikan telah lama marak terjadi di Yaman, dan para sandera sering digunakan sebagai bagian dari tawar-menawar di antara kelompok bersaing, demikian seperti dilansir kantor berita AFP. (Uu.B020)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015