Caracas (ANTARA News) - Kebakaran di penjara Tocuyito, Venezuela, menewaskan 17 orang dan melukai 11 lainnya pada Senin (31/8) pagi waktu setempat, demikian pernyataan jaksa negara itu.

Delapan perempuan dan sembilan laki-laki tewas akibat kebakaran di penjara yang berlokasi di negara bagian Carabobo tersebut menurut pernyataan jaksa.

Penyebab kebakaran sedang diselidiki tetapi tidak ada indikasi segera mengenai bagaimana kebakaran itu bermula, kata jaksa.

Carlos Nieto, direktur kelompok hak asasi penjara Window To Freedom, mengatakan bahwa narapidana memberitahu dia bahwa kebakaran terjadi karena masalah listrik.

"Karena kelalaian pihak berwenang kondisi penjara tidak memadai," kata Nieto seperti dilansir kantor berita Reuters.

Otoritas penjara tidak merespons permintaan tanggapan.

Penjara-penjara di Venezuela sangat penuh sesak, menampung 55.000 narapidana walaupun dirancang dengan kapasitas sekitar sepertiga dari jumlah tersebut menurut Nieto.

Kerusuhan, pelarian, dan kematian menjadi hal yang umum di sana. Penjara sering dikuasai oleh narapidana bersenjata yang dengan mudah mengakses narkoba dan telepon genggam.

Oktober tahun lalu, pemerintah merelokasi lebih dari setengah tahanan di Tocuyito atau hanya sekitar 2.000 narapidana.(Uu.B020)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015