Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Jerman di Indonesia akan menggelar Jerman Fest 2015 di tujuh kota besar di Indonesia sepanjang September-Desember 2015 guna mempromosikan aspek budaya, seni, sains, olahraga, ekonomi dan politik negeri tersebut.

Festival tersebut digelar perdana di Indonesia dengan menggandeng Goethe-Institut Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri Jerman-Indonesia (EKONID) serta mengusung tema Bersama Menuju Masa Depan, demikian seturut keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Berdasarkan hubungan bilateral yang baik dan terpercaya, baik Jerman maupun Indonesia merupakan negara-negara penting di wilayahnya masing-masing dan bagian dari keanggotaan G20. Keduanya bersedia dan siap untuk membentuk masa depan dengan menghadapi tantangan yang ada di depan mata," kata Duta Besar Jerman untuk Indonesia Geord Witschel.

Jerman Fest diharapkan semakin memperkuat hubungan antar kedua negara, mengingat medio Oktober 2015 delegasi Indonesia bakal hadir di pekan raya Frankfurt Book Fair sebagai Negara Tamu Kehormatan.

Rangkaian festival bakal dibuka pada Sabtu (5/9) dengan penayangan film bisu mahakarya Fritz Lang, Metropolis, yang merupakan film bertema fiksi sains pertama di dunia diiringi musik Orkes Film Jerman Babelsberg di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta.

Selanjutnya secara terpisah Jerman Fest bakal menyambangi tujuh kota besar di Indonesia yakni Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Makassar.

Sepanjang tiga bulan tersebut sejumlah program bervariasi telah dirancang untuk mengisi rangkaian Jerman Fest, termasuk di antaranya pertunjukan kolaborasi Jerman-Indonesia pada bidang paduan suara, seniman, sains serta seminar-seminar berkaitan isu politik dan ekonomi.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui jadwal rangkaian acara Jerman Fest 2015 bisa mengakses laman www.jermanfest.com.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015