Untuk mendiskusikan berbagai tren dan ancaman keamanan internet, serta implikasi kebijakan dan sosial

 

JAKARTA, Indonesia (Antara/BUSINESS WIRE) -- Internet Society (ISOC) menyelenggarakan Asia Internet Symposium (AIS) yang pertama di Jakarta, Indonesia pada tanggal 7 September 2015. Digelar oleh ISOC Jakarta Chapter, event ini akan diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan di sektor internet dunia, mulai dari pemerintah, sektor swasta, komunitas teknisi, hingga masyarakat umum untuk bersama-sama mendiskusikan lanskap keamanan dunia maya di Indonesia.

 

"Semakin tingginya penggunaan internet dan interkonektivitas antar perangkat memberikan pengaruh penting bagi negara-negara berkembang yang mulai memanfaatkan TIK untuk wujudkan pertumbuhan sosial dan ekonomi, namun dibalik itu, ada konsekuensi risiko yang besar," ujar Direktur Biro Regional Internet Society Asia Pasifik, Rajnesh Singh. "Kita perlu mengeksplorasi seluruh elemen dalam industri ini untuk mengelola dan meminimalisir segala risiko yang ada, baik secara kolaboratif maupun secara independen, dan mengeksplorasi cara-cara yang tidak mengganggu lanskap internet yang terbuka dan global, serta tidak mendegradasi manfaatnya terhadap kehidupan manusia."

 

Sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan pasar online terpesat di Asia Pasifik, Indonesia masih sangat rentan terhadap ancaman cyber. Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (IDSIRTII) mencatat peningkatan jumlah malware di Indonesia, dengan perbankan seluler sebagai target utamanya. Menurut red24 Threat Forecast, Indonesia memiliki salah satu aktivitas botnet tertinggi di Asia Tenggara. Untuk memperkuat mekanisme pertahanan cyber, pemerintah Indonesia tengah menggodok rencana pembentukan badan keamanan cyber nasional.

 

AIS difokuskan untuk mengidentifikasi kerangka kerja para pemangku kepentingan, lokal, dan internasional, dan implikasi kebijakan dan sosial dari ancaman keamanan cyber di Indonesia. Event ini akan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, analis industri, delegasi penegak hukum, akademisi, dan pengguna akhir.

 

Rangkaian event Asia Internet Symposium Internet Society, yang telah digelar di sejumlah kota di seluruh Asia, bertujuan untuk mengatasi berbagai isu internet yang terkait langsung kepada para pemangku kepentingan.

 

Event ini akan ditayangkan langsung secara online mulai pukul 12:00 - 17:30 WIB (UTC +7). Silakan klik tautan ini untuk melihat agenda lengkap.

 

Tentang Internet Society

Internet Society adalah sumber informasi internet dan kepemimpinan independen terpercaya di dunia. Organisasi ini pun adalah pusat dari Internet Engineering Task Force (IETF). Dengan visi yang berprinsip, kapabilitas teknologinya yang substansial, dan posisinya yang kuat di seluruh dunia, Internet Society mempromosikan dialog terbuka seputar kebijakan, teknologi, dan pembangunan internet di masa depan kepada para penggunannya, perusahaan, pemerintah dan organisasi lainnya. Berkat kerjasamanya dengan para anggota dan afiliasinya di seluruh dunia, Internet Society mewujudkan evolusi dan pertumbuhan internet yang berkesinambungan bagi semua orang di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.internetsociety.org.

 

 Baca versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20150906005011/en/

 

Kontak

 

Internet Society

Noelle De Guzman, +65 6407 1470

deguzman@isoc.org

 

Sumber: Internet Society

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015