Sehingga yang menjadi pemenang sejatinya nanti adalah seluruh rakyat Indonesia"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengatakan bahwa pilkada serentak harus menjunjung tinggi demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

"Kita berharap pilkada serentak yang dimulai tahun 2015 ini dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia," kata Oesman saat membuka seminar nasional Fraksi Partai Hanura MPR, Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, pasal 18 ayat 4 UUD NRI Tahun 1945 mengamanatkan bahwa kepala daerah dipilih secara demokratis. Selanjutnya peraturan perundang-undangan di bawahnya telah mengatur bahwa pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara langsung guna memperkuat dan memperkokoh kedaulatan rakyat.

Pilkada serentak juga harus sesuai UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara. "Pilkada serentak juga harus memperkuat NKRI sebagai bentuk negara dan tetap dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika," katanya melalui siaran pers MPR.

Dalam seminar tersebut ia juga meminta Partai Hanura untuk mengawal tahapan pilkada serentak agar berjalan dengan jujur dan adil.

"Sehingga yang menjadi pemenang sejatinya nanti adalah seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Menurut Oesman, proses penyelenggaraan Pilkada serentak masih memerlukan berbagai pembenahan. Maka dari seminar ini, ia mengharapkan catatan kritis dari narasumber dan pandangan peserta. "Agar disampaikan ke MPR," katanya.

Oesman berharap Pilkada serentak harus menjunjung tinggi demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015