Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya Ahmad Muzani menilai pemerintah Arab Saudi harus melibatkan negara lain, termasuk Indonesia, dalam investigasi terkait Tragedi Mina.

"Kita mendesak pemerintah Arab Saudi untuk melakukan investigasi secara transparan, terbuka, menyeluruh dan kita dilibatkan. Kita punya kepentingan karena kita adalah penyumbang jamaah haji terbesar, meskipun itu bersifat saran dan pandangan,” kata Muzani di Jakarta, Minggu.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu menyebutkan, Indonesia harus terlibat karena Indonesia selalu mengikuti apa yang diinginkan Arab Saudi.

"Dulu pemerintah Arab Saudi ketika menetapkan kuota haji, itu kan dibicarakan dalam OKI, kita ikut terlibat dan dalam kesempatan itu kita taati. Sekarang, kita yang jadi korban mestinya hal yang sama dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi. Dan itu suatu keharusan," kata Muzani.

Dia menekankan bahwa Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri tidak boleh gagal dalam soal permintaan kepada Arab Saudi itu.

"Diplomasi kita tidak boleh gagal dan kita harus masuk ke investigasi itu. Kita harus mendesak pemerintah Arab Saudi agar Indonesia terlibat dan ikut dalam investigasi dan ini untuk kebaikan Arab Saudi sendiri," kata anggota Komisi I DPR RI itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015