Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Riza Damanik menyatakan nelayan nusantara bukan hanya membutuhkan kapal tangkap ikan, namun juga ketersediaan modal usaha dan tata niaga perikanan yang baik.

Kepada Antara News via telepon, Jumat, Riza mengatakan jika pemerintah memberi kapal tangkap, maka akan semakin baik jika akses modal usaha untuk biaya operasional melaut juga diberikan sehingga nelayan tidak meminjam uang kepada tengkulak.

"Jika tidak punya modal usaha, nelayan akan dikuasai tengkulak," ungkap Riza.

Nelayan juga mengharapkan pemerintah mengatur tata niaga perikanan dengan lebih baik dari sekarang sehingga hasil tangkapan memiliki harga jual bersaing yang menyejahterakan nelayan.

"Tata niaga perikanan yang baik akan mewujudkan kepastian harga yang menguntungkan nelayan," kata Riza. "Misalnya harga udang yang di luar negeri sedang naik karena dolar AS, tapi di sini kok harganya biasa saja."

Riza menginginkan nelayan dan pemerintah Indoensia terus meningkatkan kualitas tangkapan dengan cara peningkatan kapasitas hilir seperti cara mendaratkan ikan yang baik, sehat, dan higienis.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015