Sleman (ANTARA News) - Lomba minat baca bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs 2015 yang diselenggarakan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta banyak menarik siswa di wilayah setempat sehingga jumlah pendaftar membludak.

"Bahkan sampai banyaknya peminat maka peserta dibatasi, untuk peserta lomba minat baca tingkat SD/MI diikuti 320 siswa, sedang tingkat SMP/MTs diikuti 455 siswa," kata Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman Sri Hartati di sela lomba, Selasa.

Menurut dia, maksud dan tujuan lomba minat baca tersebut sebagai saarana memasyarakatkan Hari Kunjung Perpustakaan 14 September, dan meningkatkan minat baca anak untuk mengembangkan kecerdasan, kepribadian dalam mewujutkan budaya gemar membaca.

"Selain itu untuk membudayakan anak gemar membaca, menulis dan sekaligus bercerita dengan referensi dan sumber informasi koleksi bahan pustaka, serta menanamkan nilai-nilai budaya daerah dan jiwa nasionalisme pada generasi muda," katanya.

Ia mengatakan, bertindak sebagai dewan juri dalam lomba tersebut, untuk tingkat SD/MI Akhir Lusono, S.Sn, MM, Nandar Budhi Priyono, BA dan Evi Idawati. Untuk tingkat SMP/Mts YB Margantoro, Parjaya, BA dan Drs Thomas Dwi Herusantoso, M.Pd.

Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi saat menutup lomba tersebut mengatakan lomba minat baca tersebut merupakan ajang untuk belajar dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri.

"Bagi anak-anak, para pemenang lomba bercerita, diharapkan untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai ini serta tetap semangat untuk terus belajar dan mencetak prestasi-prestasi lainnya di masa akan datang," katanya.

Gatot mengatakan, lomba minat baca dan bercerita tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang mengusung tema Cerita Daerah dan Pahlawan merupakan upaya strategis dalam menjaga dan melestarikan cerita-cerita daerah dan pahlawan. Juga untuk memperkenalkan kepada anak-anak generasi penerus bangsa akan kisah dan cerita daerah sehingga diharapkan dapat timbul rasa kecintaan dan nasionalisme di diri anak-anak.

Setelah melalui penjurian yang ketat bahkan dewan juri kesulitan untuk menentukan rangking juaranya karena memang selisihnya sangat sedikit, maka juri menentukan juara I tingkat SD/MI Danish Arkan dari SD Model dan  Juara I tingkat SMP/MTs Dhea Silvia dari SMPN 1 Godean.  

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015