Singapura (ANTARA News) - Kapten Irak Younis Mahmoud menyelamatkan satu angka untuk Irak melalui eksekusi penaltinya, ketika sang mantan juara Asia bermain imbang 1-1 dengan Vietnam di Hanoi pada Kamis, pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Gol di babak pertama yang dibukukan Le Cong Vinh membawa tuan rumah memimpin di Stadion My Dinh, namun Mahmoud mengkonversi penalti menjelang pertandingan usai, yang membuat timnya tetap tidak terkalahkan di Grup F dan mendongkrak harapan-harapan mereka untuk dapat melaju ke putaran ketiga kualifikasi zona Asia.

Palestina juga memerlukan gol penyama kedudukan pada fase akhir pertandingan ketika mereka bermain imbang 1-1 dengan Timor Leste di Grup A, sedangkan Korea Utara untuk pertama kalinya gagal mendulang nilai penuh di Grup H ketika mereka bermain imbang tanpa gol dengan Filipina di Pyongyang.

Kemenangan bagi Irak akan membuat tim Timur Tengah itu memuncaki klasemen Grup F, dengan keunggulan selisih gol atas Thailand.

Namun, mereka mendapati diri tertinggal pada menit ke-25 ketika Nguyen Trong Hoang mengirimkan umpan terobosan dari sisi kanan yang kemudian dimaksimalkan oleh Con Vinh, yang dengan tenang menaklukkan kiper Noor Sabri.

Tim tuan rumah lebih banyak bertahan pada sebagian besar jalannya pertandingan, di mana kiper Tran Nguyen Manh melakukan serangkaian penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Ali Adnan, Yasin Ahmed, dan Ali Hosni.

Bagaimanapun, tekanan Irak akhirnya menuai hasil pada menit ketujuh masa tambahan waktu ketika Mahmoud terjatuh di kotak penalti Vietnam, dan mengecoh Nguyen Manh dari titik penalti untuk membuat timnya membawa pulang satu angka.

Mereka telah mengumpulkan lima angka dari tiga pertandingan, tertinggal dua angka dari pemuncak klasemen grup Thailand, yang tidak bermain pada pekan ini.

Kekecewaan tuan rumah

Di Dili, Timor Leste berada di ambang kemenangan atas Palestina, yang duduk 40 posisi di atas mereka pada daftar peringkat dunia FIFA, ketika tandukan Ramon Saro membawa mereka memimpin pada menit ke-54.

Bagaimanapun, Palestina mampu mengamankan satu angka ketika pemain pengganti Ahmed Abu Nahyeh memasukkan bola dari jarak dekat pada menit kedua masa tambahan waktu untuk membuat mereka tetap menghuni peringkat ketiga di Grup A, di bawah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Start sempurna Korea Utara di Grup H berakhir ketika mereka secara mengejutkan ditahan imbang 0-0 di kandang sendiri oleh Filipina.

Mereka telah memenangi tiga pertandingan pembukaan atas Uzbekistan, Bahrain, dan Yaman, namun tidak mampu membuka jalan untuk mematahkan pertahanan "The Azkals" yang naik ke peringkat kedua di grup, menjelang pertandingan antara Bahrain dan Uzbekistan pada Kamis malam.

Pada pertandingan lain yang dimainkan lebih awal pada Kamis, Singapura menang 1-0 atas Afghanistan di Grup E melalui tandukan Khairul Amri pada menit ke-72, sedangkan gol-gol Hassan Maatouk dan Abbas Atwi membawa Lebanon menang 2-0 atas Myanmar pada pertandingan Grup G di Bangkok.

Maladewa mendulang tiga angka perdananya di Grup C setelah menang 4-3 di kandang Bhutan.

Gol pembuka Ahmed Nashid dan trigol Ali Ashfaq membawa tim tamu unggul empat gol, namun Bhutan memperkecil defisit melalui gol-gol dari Tshering Dorji, Chencho Gyeltshen, dan Biren Basnet pada lima menit terakhir. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015