Beijing (ANTARA News) - Tiongkok mendukung Suriah dalam menjaga kedaulatan dan integritas wilayah serta menentang "campur tangan ringan" dalam urusan dalam negeri negara lain, kata Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, Senin, saat bertemu penasihat presiden Suriah.

Rusia pada September menyerang sasaran di Suriah, dalam peningkatan dramatis keterlibatan asing dalam perang sipil, yang dikritik Barat lebih mengarah pada upaya mendukung Presiden Bashar al-Assad ketimbang menyerang ISIS.

Wang mengatakan kepada Bouthaina Shaaban bahwa Tiongkok mendukung langkah-langkah anti-teror yang sejalan dengan hukum internasional dan telah disepakati oleh "negara bersangkutan", demikian pernyataan kementerian.

Tiongkok "menentang campur tangan ringan urusan dalam negeri negara lain", imbuh Wang. "Pada akhirnya, nasib Suriah harus diputuskan oleh rakyat Suriah."

Upaya lebih jauh perlu dilakukan bagi mendapatkan solusi politik, katanya. Tidak ada penyebutan secara langsung serangan udara atau Bashar.

Tiongkok biasanya mempunyai suara sama dengan Rusia, rekannya dalam keanggotaan permanen Dewan Keamanan PBB, terkait isu Suriah, demikian Reuters.

(S022/M016)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015