Pukul 15.00 Waktu Arab Saudi (WAS), kami mendapatkan informasi dari tim identifikasi, bahwa mereka menemukan jenazah atas nama Fatimah Binti Abdul Hamid,"
Mekkah (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menemukan jenazah jamaah haji dari Kelompok Terbang 01 Embarkasi Banjarmasin, atas nama Fatimah Binti Abdul Hamid, yang dilaporkan hilang setelah dirawat di Rumah Sakit Arafah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah PPIH 1436H/2015M, Arsyad Hidayat, di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu, mengatakan jenazah Fatimah ditemukan tim perlindungan jamaah di pemulasaran mayat, Al Muaishim, Mekkah.

"Pukul 15.00 Waktu Arab Saudi (WAS), kami mendapatkan informasi dari tim identifikasi, bahwa mereka menemukan jenazah atas nama Fatimah Binti Abdul Hamid," ujar Arsyad.

Identitas jenazah atas nama Fatimah itu, lanjut dia, sangat jelas terlihat gelang identitas jamaah yang berisi nama, nomor passpor, dan kelompok terbang (kloter).

"Kami meminta agar pihak keluarga segera diberitahu bahwa Ibu Fatimah sudah ditemukan dalam kondisi wafat di Muaishim," jelasnya.

Arsyad menegaskan bahwa Fatimah binti Abdul Hamid bukan termasuk korban peristiwa Mina. Terakhir Fatimah diketahui keberadaannya ketika dirawat di ICU rumah sakit Arafah pada puncak wukuf di Arafah pada 23 September lalu.

Dengan ditemukannya jenazah Fatimah binti Abdul Hamid, ia mengatakan sudah tidak ada lagi jamaah haji Indonesia yang dilaporkan hilang pada penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M ini.

Dengan demikian pula, pada musim haji tahun ini total jamaah dari Indonesia yang meninggal sebanyak 597 orang terdiri dari 461 jamaah yang meninggal selama di berada di Tanah Suci, 12 orang meninggal akibat crane roboh di Masjidil Haram, dan 124 orang meninggal dalam peristiwa Mina 24 September 2015.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015