Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) meningkatkan perannya dalam masyarakat lewat kebijakan-kebijakan yang bermanfaat untuk negeri.

"Agar MUI mampu menghasilkan kebijakan yang komprehensif dan bermanfaat untuk negeri," katanya di Jakarta, Kamis.

Ia meminta MUI semakin menyatu dengan masyarakat sehingga mampu mengadvokasi dan menyalurkan aspirasi masyarakat ke pemerintah.

Menteri Agama juga mengatakan bahwa kehadiran MUI sebagai perwakilan ulama sangat penting dalam masyarakat.

MUI, menurut dia, perlu mengeluarkan fatwa-fatwa yang selaras dengan hukum Islam dan kehidupan kontemporer yang dinamis sebagai panduan bagi muslim Indonesia.


Konsolidasi MUI

MUI menggelar Rapat Kerja Nasional I tahun 2015 pada 10-12 November di Jakarta untuk melakukan konsolidasi organisasi sebagai tindak lanjut dari suksesi kepemimpinan lewat Musyawarah Nasional IX MUI pada Agustus.

Humas Panitia Rapat Kerja Nasional MUI Usman Yatim mengatakan rapat ditujukan untuk konsolidasi kepengurusan dan perencanaan program kerja organisasi di berbagai bidang sepanjang 2015-2020.

Rapat juga ditargetkan menghasilkan sumbangan pemikiran untuk umat Islam dan bangsa, khususnya mengenai pemberdayaan di bidang kemasyarakatan dan peningkatan pemahaman keagamaan.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015