Canberra (ANTARA News) - Bursa Efek Asia Pasifik (Asia Pacific Stock Exchange/APX) telah berubah nama menjadi Bursa Efek Sydney (Sydney Stock Exchange Limited), bursa Australia mengumumkan pada Kamis.

Wakil Ketua Bursa Efek Sydney dan CEO AIMS Financial Group George Wang mengatakan perubahan ini didorong oleh nasabah-nasabah perusahaan serta pemangku kepentingan dan konsisten dengan filosofi dan misi intinya untuk mempromosikan Sydney dan Australia sebagai bagian integral dari Asia dan pusat keuangan terkemuka.

"Kami bertujuan untuk membangun Bursa Efek Sydney sebagai jembatan antara Australia dan pasar modal Asia, korporat dan investor," kata Wang.

Wang mengatakan pelanggan dan stakeholder ingin diidentifikasi sebagai yang tercatat di bursa kota keuangan utama. Perubahan nama menjadi Bursa Efek Sydney mengurus asosiasi itu. Nama ini mudah dikenali dan bergema di seluruh wilayah.

"Sebagian besar bursa utama berhubungan dengan pusat-pusat keuangan besar -- London, New York, Hong Kong, Shanghai, misalnya. Nama baru mencerminkan peran Sydney sebagai pusat utama keuangan di Australia dan kawasan Asia Pasifik serta rumah geografis bursa. Ini juga menghidupkan dan mengingatkan dari warisan yang kaya dari Bursa Efek Sydney lama, yang merupakan tempat perdagangan penting dalam dirinya sendiri sampai 1987."

Bursa Efek Sydney akan menjadi anggota Asia Pacific Exchange Group (APX Group), serta Asia Pacific Finance Institute of Australia, dan Asia Pasifik Equity Exchange. APX Group merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya dari AIMS Financial Group.

Asia Pasifik Exchange, sebelumnya dikenal sebagai Australian Pacific Exchange, diakuisisi oleh George Wang seorang Australia-Tiongkok melalui AIMS Financial Group, sebuah kelompok jasa keuangan dan investasi terdiversifikasi, setelah runtuhnya Austock Group pada 2008. Ini diluncurkan kembali pada 2014, demikian AFP melaporkan.

(A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015