Islamabad (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang beberapa bagian Pakistan pada Minggu malam (22/11), demikian laporan media dan Pusat Pemantau Seismik Nasional Pakistan.

Menurut Pusat Pemantau Seismik Nasional Pakistan, cabang dari Departemen Meteorologi Pakistan (PMD), guncangan kuat dirasakan warga di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di bagian barat-laut negeri tersebut, wilayah suku yang berbatasan dengan Afghanistan, Provinsi Punjab Timur dan Ibu Kota Pakistan, Islamabad, sekitar pukul 23.11 waktu setempat.

Guncangan juga dirasakan di setidaknya 35 distrik di negeri itu, termasuk daerah di bagian barat-laut negeri tersebut --Peshawar, Swat, Malakand, Chitral dan Dir Hulu serta daerah lain yang berbatasan dengan Afghanistan.

Guncangan itu memicu kepanikan warga yang bergegas ke luar rumah mereka ke tempat terbuka di bawah udara dingin malam hari, kata Xinhua.

Pusat gempa dikonfirmasi berada pada kedalaman 86 kilometer di wilayah perbatasan Afghanistan-Tajikistan.

Pakistan termasuk di antara wilayah yang paling rentan gempa di dunia, dengan kerentanan tinggi terhadap gempa bumi.

Pada 26 Oktober tahun ini, gempa dengan kekuatan 8,1 pada Skala Richter mengguncang beberapa bagian Pakistan, menewaskan tak kurang dari 280 orang, melukai lebih dari 1.900 orang lagi dan merusak 100.552 rumah serta 1.426 bangunan sekolah.

Pada Oktober 2005, gempa dengan kekuatan 7,6 pada Skala Richter mengguncang beberapa wilayah negeri tersebut, sehingga menimbulkan kerusakan besar dan menewaskan lebih dari 80.000 orang serta membuat ratusan ribu orang lagi kehilangan tempat tinggal.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015