Bekasi (ANTARA News) - Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Jawa Barat, mengerahkan 30 unit truk sampah ke sejumlah kawasan yang sempat dilanda banjir pada Minggu (6/12) hingga Senin (7/12).

"Kami mengintensifkan operasional truk sampah untuk mengangkut sampah dan lumpur dari sejumlah lokasi banjir," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Data Dinas Kebersihan Kota Bekasi Ratim Rukmana di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, truk tersebut berkeliling ke sejumlah lokasi yang terendam banjir di antaranya Perumahan Bumi Nasio Indah, Perumahan Dosen IKIP, dan sejumlah jalan yang tergenang air hujan.

"Truk sampah ini juga melakukan pengangkutan sampah yang tersangkut di sejumlah jembatan, tanggul dan bendungan," katanya.

Sampah tersebut selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.

"Kami prediksi akan ada kenaikan volume sampah akibat musim hujan kali ini," katanya.

Selain menyiapkan 30 unit armada truk sampah, kata dia, pihaknya juga mengerahkan alat berat berupa beckhoe serta truk tanki untuk menyemprot tumpukan lumpur.

"Upaya pengangkutan sampah ini kami akan lakukan hingga beberapa hari ke depan, karena tidak bisa selesai dalam sehari," katanya.

Dikatakan Ratim, banjir di Kota Bekasi saat ini sudah mulai terjadi akibat tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir.

"Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Bekasi telah disiagakan untuk antisipasi banjir sesuai dengan kewenangannya," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015