Jakarta (ANTARA News) - Grup idola JKT48 ungkapkan cara menjaga kekompakan sebagai kelompok yang telah berdiri selama empat tahun dengan anggota berjumlah puluhan orang.

Setiap tahun, JKT48 melahirkan generasi-generasi baru meramaikan keluarga dari grup idola yang bermula dari AKB48 di Jepang.

Menurut Nabilah, salah satu anggota dari generasi pertama, cara menjaga kekompakan adalah tidak pilih-pilih saat berteman.

"Main antar generasi, makin kenal satu sama lain, bisa saling menjaga kekompakan," kata Nabilah di Theater JKT48 di Jakarta, Kamis.

Intensitas pertemuan yang tinggi antar para anggota sehubungan jadwal latihan padat juga mengeratkan pertemanan di JKT48, imbuh Nabilah.

Sementara itu, Melody mengakui adanya persaingan di antara para anggota JKT48 selama empat tahun berdiri.

Sebagai grup idola beranggotakan banyak orang, hanya segelintir yang bisa mendapat posisi di bawah sorotan cahaya. Sebagai contoh, hanya 16 orang anggota yang bisa terpilih setiap kali sebuah single diluncurkan.

Kendati demikian, persaingan itu tidak menghalangi mereka untuk saling berteman satu sama lain. Setiap individu berusaha memaksimalkan potensinya demi mewujudkan JKT48 yang lebih baik.

"Persaingan tetap ada tapi bagaimana caranya tetap saling dukung. Bersaing sehat," kata Melody. JKT48 akan meluncurkan single ke-12 berjudul "Beginner" pada 1 Januari 2016.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015