Kupang, Nusa Tenggara Timur (ANTARA News) - Pemerintah menyatakan pasokan kebutuhan pokok khususnya pada Natal 2015 dan menjelang tahun baru 2016 berada pada posisi yang relatif aman.

"Kenaikan harga beberapa barang kebutuhan pokok saat ini seperti beras, cabai, bawang merah dan ayam disebabkan beberapa faktor," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina, di sela-sela persiapan Perayaan Natal Nasional, di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga tersebut, menurut Srie, disebabkan antara lain mulai masuknya musim tanam maupun mulainya musim hujan, meningkatnya permintaan karena menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional seperti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Natal dan Tahun Baru 2016, serta meningkatnya harga pakan ternak akibat kenaikan harga jagung.

Meskipun ada kenaikan harga, Dirjen Perdagangasn Dalam Negeri Srie mengatakan bahwa kondisi stok atau pasokan barang kebutuhan pokok tersebut masih mencukupi dan relatif aman. 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015