Jakarta (ANTARA News) - Liverpool bungkam Stoke City dengan skor 1-0 pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga (Piala Capital One) di Stadion Britannia, Stoke, Rabu dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan The Reds diciptakan oleh pemain cadangan, Jordon Ibe, yang masuk pada babak pertama untuk menggantikan Coutinho yang mencerita cedera.

Pada awal jalannya laga, Stoke City memainkan taktik penguasaan bola serta pertahanan yang solid sehingga menyulitkan langkah pemain Liverpool untuk menembus barisan pertahanan yang dipimpun Ryan Shawcross.

Liverpool pun kehilangan salah satu penyerang andalan, Coutinho, ketika laga baru memasuki menit 18 akibat cedera otot setelah mengayunkan kakinya untuk melepaskan umpan. Posisi Coutinho digantikan Jordon Ibe pada menit 20.

Stoke City mengemas peluang pertama pada menit 26 melalui eksekusi sepak pojok yang diarahkan kepada penyerang Bojan Krkic, namun sepakan mantan penyerang Barcelona ini belum berbuah gol.

Liverpool terpaksa melakukan pergantian pemain untuk kedua kalinya setelah bek Dejan Lovren juga menderita cedera dan posisinya digantikan James Milner pada menit 32.

Penonton tuan rumah akhirnya terdiam ketika umpan Adam Lallana kepada Joe Allen yang berada di mulut gawang Stoke diteruskan kepada Jordon ibe yang langsung melepasakan sepakan masuk ke gawang Stoke pada menit 37.

Satu menit kemudian, Stoke melancarkan reaksi balasan atas gol Liverpool melalui umpan Johnson yang ditanduk Arnautovic namun laju bola terlalu lemah sehingga tidak berbuah gol. Skor 1-0 untuk Liverpool terjaga hingga jeda babak pertama.

Pada awal babak kedua, Stoke memasukan Jonathan Walters mengggantikan Cameron untuk menambah kekuatan serangan di lini tengah.

Namun pada menit 60 justru Liverpool yang mendapatkan peluang lewat aksi indovidunya dengan menusuk dari sisi kanan kemudian melepaskan tendangan yang melebar ke sisi kanan gawang Stoke.

Jordon Ibe juga melakukan tusukan dari sisi kiri, namun sepakan Ibe juga tidak akurat pada menit 68.

Kendati unggul namun Liverpool belum puas dengan kedudukan 1-0 karena mereka memainkan penyerang Benteke untuk menggantikan Joe Allen pada menit 78.

Namun menjelang laga usai bek Liverpool Kolo Toure mendapatkan cedera otot namun tidak bisa digantikan oleh pemain lain karena telah terjadi tiga kali pergantian pemain. Kolo Toure pun tetap bertahan di lapangan.

Stoke memiliki peluang emas terakhir kalinya lewat sundulan Peter Crouch yang unggul postur tubuh dari seluruh bek Liverpool. Namun tandukan mantan penyerang timnas Inggris tersebut melambung sehingga skor 1-0 untu Liverpool bertahan hingga laga usai, demikian skysports.

Susunan pemain kedua tim:

Liverpool (4-3-3): Mignolet; Clyne, Lovren (James Milner), Toure, Moreno; Can, Lucas, Allen (Benteke); Lallana, Firmino, Coutinho (Jordon Ibe).

Stoke (4-2-3-1): Butland; Johnson, Shawcross, Wollscheid, Pieters; Cameron (Walters), Whelan; Shaqiri (Crouch), Afellay, Arnautovic; Bojan (Joselu).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016