Kami ingin orang-orang yang menggunakan transportasi umum merasa lebih aman dan lebih nyaman. Selain itu, ongkosnya juga lebih murah
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memperpanjang rute layanan bus Transjakarta hingga ke daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah ibu kota.

"Sekarang ini, kami sedang fokus untuk memperpanjang operasional bus Transjakarta sampai ke daerah perbatasan ibu kota. Kami kaji lagi daerah-daerahnya," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Meski demikian, menurut dia, untuk saat ini rencana perpanjangan operasional rute bus Transjakarta hanya difokuskan pada tiga daerah perbatasan yakni Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Saat ini, yang kami fokuskan baru beberapa daerah saja, di antaranya Tangerang, Bekasi dan Depok. Sedangkan untuk daerah perbatasan lain, yakni Bogor dan Cianjur masih dalam tahap pengkajian," ujarnya

Ia menuturkan, dengan adanya layanan bus Transjakarta hingga daerah-daerah perbatasan, maka warga setempat diharapkan tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi untuk ke Jakarta dan lalu lintas pun bakal lebih lancar.

"Ada sekitar tiga juta kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta tiap hari. Bayangkan kalau seluruh pengguna kendaraan pribadi itu dialihkan ke Transjakarta. Tentunya akan mengurangi kemacetan lalu lintas," ujarnya.

"Intinya, kami ingin memberikan layanan transportasi sebaik mungkin. Kami ingin orang-orang yang menggunakan transportasi umum merasa lebih aman dan lebih nyaman. Selain itu, ongkosnya juga lebih murah," demikian Basuki.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016