Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak gelombang pertama, yang digelar 9 Desember 2015 lalu, berjalan relatif baik.

"Relatif baik, kenyataannya (berjalan) baik. Bahwa ada satu atau dua daerah (yang bergejolak) memang iya, tetapi itu sudah diselesaikan pihak keamanan," kata Wapres Kalla di Jakarta, Selasa.

Wapres mengatakan penyelenggaraan pilkada di 263 provinsi, kabupaten dan kota pada akhir tahun lalu, merupakan prestasi bagi Pemerintah Indonesia.

"Kita patut berbangga bahwa negara dengan begitu banyak daerah yang ikut, pilkada dapat berlangsung aman. Berbeda dengan di beberapa negara lain," jelasnya.

Wapres berharap pelaksanaan pilkada serentak gelombang kedua di 2017 dapat berlangsung lebih baik dibandingkan 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik dan Ketua Badan Pengawas Pemilu Muhammad, Selasa, melaporkan kegiatan pelaksanaan pilkada serentak gelombang pertama kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Secara umum, Husni mengatakan pelaksanaan pilkada berlangsung lancar meskipun masih terdapat sejumlah kelemahan dalam pelaksanaannya, khususnya di tahapan pencalonan.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016