Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Garuda Indonesia siap mengangkut para wisatawan yang akan hadir dalam rangka gerhana matahari total (GMT) di Sulawesi Tengah.

"Kami siap, bahkan memberikan priorits bagi para wistawan, termasuk mancanegara yang akan datang menyaksikan GMT di sejumlah wilayah di Sulteng," kata Aryo Darmawan, sales Manager PT Garuda Indonesia Cabang Palu, Rabu.

Dalam rangka menyambut peristiwa GMT yang dapat dilihat di sejumlah daerah di Sulawesi Tengah, yaitu di Kabupaten Sigi, Poso, dan Banggai, Garuda Indonesia tentu sangat mendukung sepenuhnya karena akan ada banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. 

Bukan hanya Garuda Indonesia, tetapi semua maskapai yang membuka rute penerbangan dari dan ke Palu dipastikan siap untuk memberikan layanan terbaik bagi para wisatawan yang akan ke daerah ini sehubungan GMT dimaksud.

Menurut dia, jika minat masyarakat dan turis tinggi untuk menyaksikan langsung GMT pada 7-8 Maret nanti, Garuda Indonesia dapat menambah penerbangan. "Hal itu bisa saja dilakukan kalau memang diperlukan," kata dia.

Namun sejauh ini, kata dia, penerbangan masih normal mengacu pada jadwal penerbangan yang sudah ditetapkan yaikni dua kali sehari (pagi dan malam hari).

Dia mengaku arus penumpang hingga kini masih normal. Bahkan kapasitas tempat diduduk yang terisi hanya sekitar 50 persen.

Darmawan menambahkan menjelang GMT, khususnya 7-8 Maret sudah banyak yang memesan tiket, termasuk para wisman dari berbagai negara.

"Ya mungkin jumlahnya bisa sampai masing-masing 100 orang wisman yang akan berangkat dari Jakarta menuju Palu pada 7-8 Maret 2016," katanya.

Sementara Kepala Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Benyamin Noach Apituley, juga siap menyambut para wisatawan, termasuk mancanegara yang akan hadir dalam kegiatan GMT.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016