Paris (ANTARA News) - Paris Saint Germain (PSG) kembali mengingatkan supremasi mereka di Liga Prancis dengan kemenangan 5-1 atas Angers pada Sabtu, yang membuat sang juara bertahan unggul 24 angka di puncak klasemen.

Zlatan Ibrahimovic membuka gol di Parc des Princes melalui gol ke-17nya di liga musim ini, sebelum Lucas menggandakan keunggulan untuk pasukan Laurent Blanc sebelum turun minum.

Banjir gol kemudian terbuka setelah turun minum ketika Gregory van der Wiel menyelesaikan pergerakan tim yang menghasilkan gol ketiga PSG, namun Pierrick Capelle mampu mencetak satu gol balasan. Angel Di Maria kemudian mengemas dua gol dalam rentang waktu empat menit untuk melengkapi kemenangan tim ibu kota itu.

"Itu adalah babak kedua yang hebat, meski pada babak pertama sedikit lebih sulit melawan tim yang terorganisir dengan baik, yang kami cermati pada pertemuan pertama musim ini," kata Blanc, yang timnya menang untuk ke-19 kalinya dari 22 pertandingan liga.

"Gol pertama begitu krusial. Saat kami memimpin, berbagai hal menjadi lebih mudah, namun tim tetap fokus dan tajam. Kami mendapat ganjaran dengan gol-gol dan itu benar-benar dapat dinikmati."

Dengan PSG masih berkompetisi di empat kompetisi, klub ini menghadapi jadwal padat yang akan membuat mereka memainkan tujuh pertandingan dalam tiga pekan menjelang pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions melawan Chelsea pada 16 Februari.



Susunan pemain yang dipaksakan

Blanc tidak dapat memainkan kapten Thiago Silva, Marquinhos, Marco Verratti, dan Javier Pastore karena lilitan cedera, namun tetap menurunkan susunan pemain yang dipaksakan, meski tidak ada tempat untuk penyerang asal Uruguay Edinson Cavani, yang masa depannya masih belum jelas di tengah berbagai laporan pada pekan ini yang mengaitkan dirinya dengan Manchester United.

Angers menahan imbang PSG 0-0 ketika kedua tim bertemu pada Desember, terakhir kalinya klub ibu kota itu kehilangan angka maksimal pada musim ini dan satu-satunya pertandingan di mana mereka gagal mengemas gol di Liga Prancis musim ini.

Tim tamu memasuki akhir pekan dengan pertahanan terkokoh peringkat kedua, di mana kiper Alexandre Letellier menggagalkan peluang Van der Wiel dan Blaise Matuidi dengan menggunakan kakinya pada 30 menit pertama.

Bagaimanapun, tidak banyak yang dapat dilakukan kiper Angers pada menit ke-32 ketika PSG memecah kebuntuan melalui Ibrahimovic, yang tembakan mendatarnya dari sisi kanan kotak penalti terdefleksi saat melaju melewati kaki Letellier.

Di Maria kemudian mengirim bola kepada Van der Wiel ke sisi kanan delapan menit kemudian, dan pemain Belanda itu merangsek ke kotak penalti, menguasai bola setelah ditekel Romain Thomas, sebelum mengirimkannya ke belakang untuk disepak Lucas menjadi gol.

Kiper tuan rumah Kevin Trapp sekedar menjadi penonton pada sebagian besar jalannya babak pertama, di luar tandukan Thomas yang memaksa kiper asal Jerman itu menangkap bola di udara di bawah tekanan berat di dalam kotak penaltinya.

Keunggulan dua gol tuan rumah membuat mereka dapat tampil lebih ekspansif, di mana gol ketiga PSG pada menit ke-54 terjadi yang dimulai dari kerja sama antara Ibrahimovic dan Di Maria, sebelum Matuidi melepaskan sepakan voli yang dibelokkan Van der Wiel ke sudut jauh.

Namun Angers terus berjuang dan mampu memeperkecil ketertinggalan lima menit kemudian, ketika Capelle menyambar bola sapuan dan melepaskan sepakan voli mendatar yang berbuah gol balasan.

Akan tetapi PSG kembali menegaskan dominasi mereka dengan gol keempat pada menit ke-63 ketika Lucas mengirim bola kepada Di Maria dan pemain Argentina itu dengan brilian melepaskan sepakan voli melewati Letellier dari luar kotak penalti.

Di Maria kembali menjadi pencetak gol beberapa saat kemudian, setelah ia mendapat operan dari Matuidi dan ia kembali memperlihatkan penyelesaian berkualitas tinggi, dengan mencungkil bola melewati Letellier yang bergerak maju untuk menyelesaikan kemenangan ke-11 secara beruntun di semua kompetisi.

Hatem Ben Arfa mencetak gol kesepuluhnya musim ini ketika Nice menang 2-1 atas Lorient untuk naik ke peringkat kedua, sedangkan Caen menang 2-1 di markas Montpellier, dan Guingamp mengamankan kemenangan 1-0 atas Bastia.

Troyes akhirnya mencatatkan kemenangan perdananya musim ini setelah tertinggal terlebih dahulu untuk kemudian menang 3-1 di markas Lille, di mana Bordeaux mampu bangkit pada fase akhir pertandingan untuk bermain imbang 2-2 di markas Nantes.

Pada Minggu, Monaco akan menjamu tim yang terancam degradasi Toulouse, sedangkan dua "raksasa tidur" akan bertemu di Parc OL ketika Lyon menjamu Marseille, demikian seperti disiarkan kantor berita AFP.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016