Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto mengatakan pekan depan akan menjadi waktu bagi Manor Racing Team (Manor) untuk mengumumkan nama pebalap yang mewakili mereka di Formula One (F1) 2016.

"Insya Allah dalam satu minggu ke depan pengumuman dari Manor akan diberikan," ujar Rio di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu.

Pebalap Indonesia berusia 22 tahun ini berharap kepastian yang akan dikeluarkan pihak Manor dapat menjadi kabar baik baginya, dikarenakan pengumuman ini sekaligus menjadi penentu keikutsertaan Rio pada kejuaraan bergengsi F1 2016.

"Saat ini situasinya, kita masih bernegosiasi dengan Manor, mudah-mudahan cita-cita dan juga impian Indonesia untuk masuk F1 bisa terkabul," katanya.

Sementara itu, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan sekaligus Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan seluruh persyaratan administrasi yang harus dipenuhi pebalap asal Solo untuk berkiprah di F1 ini telah dilengkapi.

Dengan dipenuhinya persyaratan administrasi tersebut, Gatot berharap tidak ada masalah lain yang timbul, sehingga Kemenpora dan PT Kiky Sport dapat fokus untuk menyelesaikan pembayaran biaya sponsor yang diwajibkan Manor kepada para calon pebalapnya, yakni 15 juta euro, atau sekitar Rp 200 miliar.

"Ajang ini peminatnya ribuan orang dan ini adalah minggu-minggu krusial, kita harapkan tidak ada masalah," tambahnya.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016