Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dengan website terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.

Rektor UI Muhammad Anis di Kampus UI Depok, Minggu mengatakan pencapaian UI sebagai Perguruan Tinggi dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT).

Webometrics juga merilis bahwa UI meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia.

Anis mengatakan pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu
strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas. Tidak hanya
diperuntukkan bagi sivitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat Global.

Perolehan ini lanjut Anis didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat indikator yaitu petama Presence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google), kedua Impact merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google).
Selanjutnya ketiga Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang
terekam oleh search engine (Google Scholar), keempat dan Excellence merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 2 di Indonesia, peringkat 796 di dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 3, peringkat 802), Universitas Diponegoro (peringkat 4, peringkat 1.442) dan Universitas Riau (peringkat 5, peringkat 1.502).

Webometrics merupakan sistem perankingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016