Manchester, Amerika Serikat (ANTARA News) - Bakal calan presiden kubu Republik yang tengah naik daun Marco Rubio mendadak layu setelah diserang terus  menerus pada debat calon presiden kubu Republik di New Hampshire di mana Donald Trump kembali mendominasi panggung setelah terhempas pada kaukus Iowa pekan lalu.

Senator Florida berusia 44 tahun itu diserang lawan-lawannya karena kurang berpengalaman.

Di New Hampshire ini, Trump memimpin dengan 35 persen dukungan pemilih Republik atau 21 persen lebih tinggi dibandingkan dengan Rubio, sedangkan Senator Texas Ted Cruz yang di Iowa pekan lalu menyalip Trump, mendapatkan 13 persen suara. Dengan sembilan persen tidak menyatakan pendapat, maka segala sesuatu bagi penentuan calon presiden dair kubu Republik masih terbuka.

Calon-calon lain seperti Chris Christie, Jeb Bush dan John Kasich, perlu menyalip Rubio agar impian kepresidenan mereka bisa tetap hidup.

Rubio terus-terusan diserang Christie yang mantan gubernur New Jersey governor Christie, sedangkan Bush yang mantan gubernur Florida terus menyerang Donald Trump.

"Kepemimpinan. Anda pelajari ini, anda pelajari ini dengan mempraktikkannya," serang Bush.

Namun Trump tetap memenangi debat ini, dan kemenangan di New Hampshire akan membuat Trump mendapat pijakan untuk memenangkan debat lainnya di South Carolina pada 20 Februari dan setelahnya untuk meretas jalan ke Pemilu 8 November, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016