Minggu, 11 Desember 2016

Film BIRU luncur perdana di Valencia Spanyol

| 9.269 Views
id film BIRU, Maria Rosiana Sedjahtera, film Maria Rosiana Sedjahtera
Jakarta (ANTARA News) - Film animasi BIRU karya Maria Rosiana Sedjahtera atau Ana diluncurkan perdana di seluruh dunia (world premiere) di MICE Mostra Internacional de Cinema Educatiu 2016, Valencia, Spanyol pada 27 Februari 2016.

"BIRU merupakan film yang bisa menjadi suara bagi sebagian orang yang suka menunda pekerjaan di saat tenggat waktu sedang rawan," kata Ana, sutradara muda yang masih berusia 17 tahun, dalam siaran persnya, Kamis.

Film BIRU berdurasi sembilan menit tanpa dialog.

Ana mengungkapkan proses berkaryanya dalam film itu merupakan kerja tim yang menghabiskan waktu hampir setahun dan dedikasi tinggi dari seluruh sukarelawan tim produksi dari mulai produser, tim artistik, direktur fotografi, tata suara, komposer lagu sampai hubungan masyarakatnya. 

Ana bersama tim kerjanya bahkan juga sudah presentasi ke berbagai individual maupun organisasi untuk mencari dukungan finansial.

"Kami ingin film Biru tidak berhenti hanya sebagai karya artistik namun bisa memberi inspirasi untuk generasi muda lainnya bahwa untuk mewujudkan suatu mimpi menjadi kenyataan diperlukan perencanaan dan kerja sama tim," tuturnya.

Ana dikenal dengan karya pertamanya saat ia berusia 15 tahun, film pendek dokumenter "Besok Syuting Hari Ini Kakek Meninggal" sebagai bagian dari empat bulan lokakarya internasional My Life My Dreams yang diselenggarakan oleh Minikino dan Jönköpings Kultur Kummon, Swedia. 

Film tersebut sukses dinominasikan sebagai film pendek dokumenter terbaik di Erasmus Indocs 2013, Festival Film Pelajar Jogja IV 2013, Festival Film Pendek XXI 2014 dan mendapatkan penghargaan kategori musik terbaik pada Madyapadma Jurnalistic Students Film Award 2015 – Denpasar.

Ana, yang mulai tinggal di Yogyakarta sejak 2015 lalu sekarang menempuh studi di jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma. 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar Pembaca
Baca Juga