Madrid (ANTARA News) - Pelatih Valencia Gary Neville didesak agar mengantar timnya meraih kemenangan saat menghadapi Espanyol di ajang La Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Sabtu (13/2).

Valencia belum pernah menang di liga sejak November sehingga muncul kecemasan bahwa tim berjuluk "Los Che" ini akan terseret ke zona degradasi. Untuk itu Neville pun memohon agar penggemar tetap mendukung tim dengan hadir di stadion.

Neville gagal mengantar Valencia menang dalam sembilan laga La Liga sejak diangkat menjadi pelatih pada Desember 2015, bahkan performa tim kian anjlok dari semula berselisih lima poin dari posisi empat besar, kini hanya empat poin di atas zona degradasi.

Selain itu, hanya sekitar 10.000 penggemar yang hadir saat Valencia menjalani laga semifinal leg kedua Copa del Rey, Rabu (10/2), yang berakhir imbang 1-1 melawan Barcelona setelah Valencia ditekuk 7-0 di leg pertama seminggu sebelumnya.

"Saya sadar itu hak para fans untuk tidak datang, mengatakan dan melakukan apa yang mereka inginkan," kata Neville dilansir dari AFP, Jumat.

"Saya pikir stadion pada hari Sabtu akan penuh dengan suasana yang emosional. Kami dan tim membutuhkan para fans lebih dari sebelumnya pada hari Sabtu," jelas mantan bek Manchester United itu.

Persahabatan antara Neville dengan pemilik Valencia asal Singapura, Peter Lim, diyakini berperan besar dalam penujukkannya sebagai pelatih di Mestalla setelah menjadi asisten pelatih timnas Inggris kendati dikritik oleh media Spanyol dan sejumlah pendukung klub.

Namun, jika Valencia menelan kekalahan dari Espanyol yang juga tidak menang dalam sembilan laga serta kalah 5-0 di kandang Real Sociedad pada Senin pekan ini, bukan tidak mungkin karir Neville di Spanyol akan berakhir secara tiba-tiba.

Pelatih Espanyol, Constantin Galca, yang baru dua bulan menjabat setelah direkrut pemilik klub dari Tiongkok  yang ditargetkan lolos ke Liga Champions dalam waktu tiga tahun juga tidak puas dengan kinerja pelatih asal Romania itu.

"Mereka hanya tiga poin di atas kami dan jika kami menang maka kami menempatkan mereka dalam kesulitan juga," kata gelandang Espanyol Victor Sanchez.

"Mudah-mudahan kami tidak memulai seperti hari kemarin dan membuat permainan seolah menjadi selama mungkin untuk mereka. Tidak ada alasan lagi dan kami perlu menghasilkan sesuatu pada minggu ini," jelas dia.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016