Manado (ANTARA News) - Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti menegaskan jajarannya akan mengerahkan segenap upaya memberikan pencerahan pada masyarakat soal kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kodam beserta jajaran TNI akan all out untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat, tentang pentingnya roh kehidupan berbangsa dan bernegara yang diperjuangkan, dari tahun 1945," kata Agus di sela acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Manado, Senin (15/2) malam.

Dia menilai perpecahan yang kini terjadi salah satunya karena masyarakat mulai melupakan roh nya sebagai Bangsa Indonesia.

"Kenapa sekarang mulai pecah?karena kita sudah mulai lupa roh kita. Lupa jati diri kita, sebagai bangsa dan negara Indonesia," tutur dia.

Dia mengatakan, melalui sosialisasi Empat Pilar MPR diharapkan mampu membangkitkan roh kebangsaan, termasuk di daerah konflik.

"Justru di daerah-daerah konflik tersebut, mereka-mereka yang ingin berkonflik selalu membawa budaya bangsa dari luar, yang mengajarkan kekerasan, yang mengajarkan intoleransi, tidak menghargai orang lain, itu bukan budaya Bangsa Indonesia. Kita harus masuk ke sana," kata Agus. "...sekarang di era kekerasan merajalela, menjadi panglima kita. Kita harus berperang melawan kekerasan itu, menjadi sebuah kedamaian," tambah dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016