Ini yang kali pertama saya saksikan fenomena gerhana matahari. Sebetulnya saya takut menyaksikan fenomena ini, tapi rasanya rugi jika harus dilewatkan momentum langkah ini
Mamuju (ANTARA News) - Ratusan warga Mamuju, ibukota Sulawesi Barat, memadatai anjungan pantai Manakarra, untuk menikmati dan mengabadikan gerhana matahari yang terjadi di daerah itu, Rabu.

Masyarakat antusiastis mengikuti fenomena ini, sambil menikmati Karnaval Budaya, sedangkan umat muslim menunaikan shalat gerhana.

"Kami memang tidak menyediakan kaca mata secara khusus namun masyarakat dipersilahkan menggunakan kamera yang telah disiapkan," kata insiator acara "Sikammung", Irfan Basir.

Ia mengatakan, warga kota ini sangat antusiastis menyaksikan dan menikmati gerhana hatahari di mana ribuan orang berdatangan ke anjungan untuk menyaksikan fenomena alam yang pernah terjadi pada 1983 itu.

"Fenomena gerhana matahari ini akan terjadi puluhan tahun ke depan. Makanya, banyak yang mengabadikan peristiwa ini," kata Irfan.

Riska, mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Mamaju, mengaku memanfaatkan betul fenomena alam ini walau hanya beberapa menit.

"Ini yang kali pertama saya saksikan fenomena gerhana matahari. Sebetulnya saya takut menyaksikan fenomena ini, tapi rasanya rugi jika harus dilewatkan momentum langkah ini," ujar Riska.


Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016