Makassar (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menargetkan pembangunan seribu unit rumah untuk pegawai negeri sipil (PNS) hingga tahun 2018.

"Khusus untuk pegawai negeri, saat ini sudah ada 36 unit, target pemerintah provinsi, akan kita siapkan sebanyak seribu rumah," kata gubernur usai meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pemprov Sulsel di Makassar, Rabu.

Untuk mewujudkan hal itu, gubernur juga meminta bantuan dari para bupati, khususnya Bupati Luwu Timur, Pinrang, Selayar, Luwu, dan Takalar.

"Masing-masing (bupati) bisa mempersiapkan seratus rumah," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah berjanji untuk memfasilitasinya.

"Anggaran fisik pembangunan seribu rumah ini diharapkan bantuan dari pemerintah pusat dan anggaran pengadaan lahannya disiapkan pemerintah daerah," tuturnya.

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Abdul Latif mengaku pemprov masih memiliki lahan untuk pembangunan rumah.

"Kita punya beberapa lahan, seperti di Sudiang. Kita akan melihat mana yang layak," kata Abdul Latif.

Sementara itu, Dirjen Penyedia Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin yang hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi pembangunan rusunawa pemprov.

"Rusunawa ini sangat bermanfaat bagi PNS yang masih berpendapatan rendah dan belum bisa menyicil rumah. Seperti PNS yang masih berpendapatan Rp3 juta, nanti kalau sudah mampu, rusunawa ini diserahkan lagi kepada PNS yang belum mampu," katanya.

Pewarta: Nurhaya J Panga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016