Jakarta (ANTARA News) - Pengelola jalan tol PT. Jasa Marga Tbk mengungkapkan daftar lokasi simpul kemacetan bila ada lonjakan volume kendaraan pada libur panjang akhir pekan ini. Berikut lokasi simpul kemacetan menurut Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk Christianto Prihambodo di kantor Jasa Marga Pusat, Senin petang.

1. Di ruas Jakarta-Cikampek, waspadai kemacetan di Gerbang Cikunir akibat pertemuan kendaraan dari arah utara, selatan serta barat. Kendaraan dari JORR Fatmawati arah Cikampek bisa antre hingga 2-3 kilometer. Arus lalu lintas baru lancar ketika mencapai KM 19 karena sebagian kendaraan keluar di Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

"Di situ mobil bisa melaju 60-80 km/jam," kata Christianto.

2. Saat arus balik, lokasi simpul macet berada di KM 68 yang merupakan pertemuan arah timur (Cipali) dan selatan (Cipularang). Arus lalu lintas akan melambat akibat pertemuan dua arah tersebut. Saat ada satu hari libur seperti akhir pekan ini, biasanya lebih banyak kendaraan yang berasal dari arah Bandung.

"Antrean dari Bandung ke Cikampek bisa sampai KM 80 atau ruas Jatiluhur," ujar dia.

3. Jagorawi. Bersabarlah ketika harus mengantre di Cibubur. Arah ini biasanya padat karena pengguna jalan tol menuju ke Puncak.

Pada libur panjang akhir pekan ini, Jasa Marga memperkirakan ada peningkatan volume kendaraan sebesar 22,8 persen di Gerbang Tol Cikarang-Utama arah Cikampek dibandingkan hari biasa.

Sementara itu, volume kendaraan dari Jakarta ke Tangerang pada libur akhir pekan diprediksi tidak meningkat secara signifikan.

"Kalau arus libur, ke arah barat atau Banten hanya meningkat tiga persen."

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016