Singapura (ANTARA News) - Suriah yang diganggu masalah perang mengamankan posisi di kualifikasi akhir untuk Piala Dunia 2018 zona Asia sekaligus Piala Asia 2019, meski kalah 0-5 dari Jepang yang telah memastikan diri lolos pada pertandingan terakhir mereka di Grup E pada Selasa.

Suriah finis di peringkat kedua di grup di bawah Jepang, dan dipastikan menjadi salah satu dari empat runner-up terbaik dari delapan grup Asia, setelah Yordania takluk 1-5 dari juara Asia, Australia, pada pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Selasa.

Suriah, yang belum pernah lolos ke Piala Dunia, merupakan satu dari 12 tim yang akan diundi untuk menghuni dua grup untuk fase putaran ketiga di mana dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke Rusia 2018.

Jepang akan menjadi salah satu tim favorit untuk melaju ke Piala Dunia untuk keenam kalinya secara beruntun, setelah mereka menjalani delapan pertandingan di fase grup ini tanpa kemasukan satu gol pun.

Mereka menguasai permainan di Stadion Saitama, namun masalah lama dengan penyelesaian kembali menjadi bukti ketika mereka sempat kesulitan untuk mencetak gol ke lawannya yang menghuni peringkat 123 dunia itu sampai fase akhir pertandingan.

Tuan rumah mendapatkan gol melalui proses berbau keberuntungan ketika kiper Ibrahim Alma mendorong umpan silang pada menit ke-18, bola kemudian mengenai pemain belakangnya Hamdi Al Massri, untuk kemudian memantul dan masuk ke gawang yang kosong.

Jepang terus mendominasi namun Suriah menawarkan ancaman melalui serangan balik.

Tim tamu hanya terpaut beberapa centimeter untuk menyamakan kedudukan sebelum menit ke-60, ketika tembakan jarak jauh Mahmoud Al Mawas mengenai tiang gawang, beberapa saat setelah tandukan Keisuke Honda gagal berbuah gol untuk tim "Samurai Biru".

Penyerang Borussia Dortmund Shinji Kagawa mengamankan kemenangan timnya pada menit ke-66, ketika ia menguasa bola dengan dadanya sebelum melepaskan tembakan ke tiang dekat.

Penyerang sekaligus kapten Jepang pada malam ini Shinji Okazaki nyaris menandai penampilan internasional ke-100nya dengan torehan gol, namun justru Honda yang memasukkan gol ketiga pada menit ke-86, sedangkan Kagawa dan Genki Haraguchi memperbesar kemenangan Jepang menjelang pertandingan usai. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016