Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil menilai, Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2016 menjadi momentum untuk mendidik konsumen lebih cerdas.

"Konsumen harus kita didik supaya menjadi konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri," katanya di sela-sela gerak jalan dalam rangka memperingati Harkonas 2016 di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Minggu.

Sofyan Djalil mengatakan, peringatan tersebut merupakan bagian dari upaya Kemendag untuk menimbulkan kesadaran pada semua pihak, terutama konsumen dan produsen.

"Konsumen cerdas, yang paling bisa melindungi diri adalah konsumen itu sendiri," kata mantan menteri koordinator perekonomian itu.

Walaupun pemerintah terus bekerja semaksimal mungkin, lanjut dia, hal yang paling penting adalah masyarakat sendiri harus sadar apa yang mereka beli.

Pemerintah sampai kini menurut Sofyan memang belum mampu melindungi konsumen sepenuhnya, tetapi pemerintah akan terus berupaya keras memaksimalkannya.

"Tetapi, saat ini yang terpenting bagaimana konsumen kita menjadi konsumen cerdas. Lihat apa yang dibeli, teliti," ujarnya.

Jalan sehat peringatan Harkonas 2016 sejauh 3,5 kilometer itu diikuti oleh 2.000 orang dari pegawai Kementerian Perdagngan, para perwakilan asosiasi dan masyarakat umum.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016