Seoul, Korea Selatan (ANTARA News) - Korea Utara diperkirakan akan melaksanakan uji coba nuklir kelima dalam beberapa waktu mendatang, kemungkinan sebelum kongres partai pada awal Mei, sebuah laporan media mengatakan pada Minggu.

Media itu mengutip sejumlah sumber dari pemerintah Korea Selatan berdasarkan pengetahuan mereka terkait aktivitas yang dilaksanakan di lokasi pengujian Korea Utara.

Berita terkait tanda-tanda yang mengindikasikan Korea Utara sedang bersiap menguji coba nuklir itu datang setelah Pyongyang mempersiapkan diri mengadakan kongres Partai Pekerja yang berkuasa pada awal mei mendatang. 

Kim Jong-un diperkirakan akan mengutarakan keberhasilannya dalam membangun program persenjataan.

Kemungkinan Korea Utara segera mengujicoba nuklir yang kelima, dalam beberapa minggu ke depan, semakin meningkat arena adanya peluncuran misil yang gagal pada Jumat lalu kemunduran memalukan terhadap Kim, para pejabat Korea Selatan dan pakar internasional mengatakan.

"Dibandingkan pada bulan lalu, jumlah kendaraan, tenaga dan peralatan yang dikerahkan meningkat dua hingga tiga kali lipat belakangan ini," Kantor Berita Yonhap mengutip sejumlah sumber pemerintah.

Kemungkinan adanya uji coba, jika memang benar akan terjadi, itu akan menyusul uji coba nuklir keempat pada Januari lalu dan sebuah peluncuran roket jarak jauh pada bulan berikutnya, yang mengarah kepada sejumlah sanksi baru dari PBB yang gagal untuk menangkal ambisi senjata Pyongyang.

Militer Korea Selatan telah mengatakan Pyongyang saat ini secara teknis siap untuk melakukan uji coba nuklir tambahan, bergantung kepada keputusan politik dalam kepemimpinannya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi laporan itu namun menyatakan kembali bahwa Korea Utara dapat melaksanakan uji coba mereka kapan saja.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016