Jakarta (ANTARA News) - Bagi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Rosarita Niken Widiastuti, Kartini di era modern sekarang ini adalah perempuan yang mampu mengharmoniskan antara ranah domestik dan ranah publik.

"Menjadikan harmonis itu menurut saya menjadi penting karena kita seharusnya juga tidak mengabaikan urusan domestik," katanya kepada Antara, Rabu, menjawab pertanyaan terkait peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April.

Salah satu srikandi di jajaran eselon satu Kementerian Komunikasi dan Informatika itu mengatakan menjadikan harmonis adalah sesuatu yang menantang namun harus dilakukan. Sehingga menurut dia, keluarga tetap tidak terabaikan.

Ia mengatakan dukungan dari keluarga juga sangat dibutuhkan agar hal itu bisa terwujud. Untuk mewujudkan harmoni itu, Ibu tiga anak ini memiliki tips yang selalu ia praktekan.

"Kuncinya komunikasi, komunikasi terhadap keluarga," katanya.

Sesibuk apapun dalam bekerja, Niken mengaku selalu menjaga komunikasi dengan keluarga, meskipun hanya melalui telpon selular.

Selain itu juga memberikan pemahaman kepada anak terhadap apa yang menjadi pekerjaan dirinya. Untuk menanamkan pemahaman tersebut, kadangkala anak-anaknya diajak serta ke tempat kerjanya.

"Jadi dia paham mengetahui apa yang dikerjakan oleh ibunya," katanya.

Oleh Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016