Den Haag (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi Pelabuhan Rotterdam di Negeri Belanda yang dikenal sebagai pelabuhan tertua dan tersibuk di dunia.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya di Den Haag, Jumat, mengatakan kunjungan ke pelabuhan akan dilakukan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda.

Menurut Ari, selain melakukan peninjauan kompleks pelabuhan, Presiden Jokowi juga akan berbicang dengan 20 CEO dari perusahaan Belanda yang terkait dengan kemaritiman dan manajemen pengelolaan air yang merupakan keunggulan Belanda.

Pada Jumat siang waktu setempat, Presiden Jokowi akan menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Belanda di Grand Hotel Amrath Kurhaus.

Dalam forum bisnis tersebut, diperkirakan akan hadir 15 CEO perusahaan terkemuka Belanda. Forum bisnis Belanda-Indonesia akan menghasilkan sejumlah komitmen kurang lebih senilai 601,2 juta dolar Amerika Serikat.

Mengutip pernyataan Menlu Retno Marsudi, Ari mengatakan setelah 16 tahun sejak Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid mengunjungi kerajaan Belanda pada tahun 2000, pada Jumat ini, Presiden Jokowi adalah Presiden yang pertama ke negeri kincir angin untuk melakukan kunjungan resmi.

Agenda kunjungan Presiden di Belanda akan fokus pada G to G (government to government). Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda, Raja Belanda, dan juga Ratu Maxima namun dalam kapasitasnya sebagai United Nations Advisor untuk masalah ekonomi inklusif.

Rangkaian kegiatan kenegaraan Presiden Jokowi akan dimulai pada Jumat pagi, dengan menyambangi Kediaman Resmi Perdana Menteri Kerajaan Belanda (Catshuis) untuk melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Mark Rutte.

Dalam pertemuan tersebut akan ditandatangani nota kesepahaman di bidang riset dan pendidikan tinggi, serta di bidang kemaritiman.

Setelah menunaikan ibadah shalat Jumat di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Presiden Jokowi akan mengunjungi Universitas Leiden dan akan beramah tamah dengan Mahasiswa PhD asal Indonesia.

Sore harinya, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Istana Noordeinde untuk bertemu dengan Raja Belanda Willem-Alexander dan juga Ratu Maxima, sebelum bertolak kembali ke Tanah Air menggunakan Pesawat Kepresidenan RI-1.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016