Riyadh (ANTARA News) - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz As-Saud memecat Menteri Pengairan dan Listrik karena buruk dalam penerapan kenaikan tarif air, demikian laporan media lokal Al Arabiya pada Ahad.

Menteri itu, Abdullah Al-Husayen, diganti pada Sabtu (23/4) oleh Menteri Pertanian Abdulrahman al-Fadhli --yang akan menjadi Penjabat Menteri Pengairan dan Listrik, demikian laporan Xinhua.

Pada November tahun lalu, Kementerian tersebut mengumumkan kenaikan tarif sebesar 50 persen untuk layanan air dan kebersihan yang diberikan kepada badan pemerintah dan perusahaan komersial serta industri besar. Alasannya ialah tindakan itu bertujuan merasionalkan konsumsi.

Ia saat itu juga menyatakan sebanyak 87 persen rekening listrik dan air takkan terpengaruh oleh kenaikan tersebut.

Sebelumnya, Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman --yang bertugas melakukan pembaruan ekonomi di Kerajaan yang kaya akan minyak itu-- dilaporkan mengatakan kenaikan tarif listrik belum dilaksanakan berdasarkan rencana tersebut.

Riyadh telah melakukan berbagai tindakan untuk membuat negeri itu tak terlalu menggantungkan diri pada ekspor minyak, termasuk kenaikan harga bahan bakar buat konsumsi lokal ketika penurunan tajam harga minyak dunia mengkonsumsi pemasukannya, 70 persen di antaranya dari minyak.
(Uu.C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016