Verona, Italia (ANTARA News) - Tim juru kunci klasemen Liga Italia Seri A berhasil meraih hasil positif dalam laga lanjutan pekan ke-35 dengan menumbangkan AC Milan 2-1 di Stadion Marc'Antonio Bentegodi, Senin.

Sebuah gol yang dicetak gelandang serang Luca Siligardi pada pengujung laga tepatnya menit 90+5 berhasil memastikan Verona sepenuhnya membalikkan keadaan dari tertinggal lebih dulu menjadi kemenangan 2-1 atas tim tamu.

Berkat kemenangan tersebut Verona setidaknya menjaga asa untuk lolos dari degradasi mengingat kini mereka memiliki 25 poin, meski harus menunggu hasil laga antara peringkat ke-17 Carpi (32) yang akan menghadapi Empoli (42).

Apabila Carpi gagal memenangi laga tersebut maka Verona masih memiliki peluang untuk mengejar selisih poin di sisa tiga laga musim ini, namun jika Carpi menang maka Verona bakal menjadi tim pertama yang dipastikan terdegradasi ke Seri B musim depan.

Sementara itu bagi Milan (53) hasil itu tak mengubah mereka di posisi keenam klasemen, hanya saja mereka kini terancam disalip Sassuolo (52) yang mendekat menyusul kemenangan atas Torino (42) pada Minggu (24/4) lalu.

Jika tergeser dari peringkat keenam, bukan tidak mungkin Milan harus mengucapkan selamat tinggal kepada Liga Europa musim depan apabila mereka kalah di partai final Piala Italia menghadapi juara bertahan sekaligus tim yang baru dinobatkan sebagai Juara Seri A musim ini, Juventus.

Mendominasi penguasaan bola tak selalu berbanding lurus dengan tingginya percobaan tembakan apalagi kemenangan, demikian yang dirasakan Milan di laga tersebut.

Meski menguasai 64 persen pengendalian bola sepanjang laga namun Milan hanya bisa melepaskan 11 kali percobaan tembakan yang hanya enam di antaranya menemui sasaran.

Sebaliknya Verona yang hanya memiliki 36 persen penguasaan bola tampil agresif dengan 28 kali percobaan tembakan yang 12 di antaranya menemui sasaran dan memaksa penjaga gawang Gianluigi Donnaruma berjibaku menyelamatkan gawang Milan.

Milan lebih dulu membuka keunggulan pada menit 21 lewat gol Jeremy Menez yang menyambar bola muntah hasil tendangan Keisuke Honda.

Menit 36 Carlos Bacca menyarangkan bola ke gawang Verona, namun ia sudah lebih dulu berada dalam posisi offside kala Luca Antonelli melepaskan umpan.

Jelang turun minum, pada menit 41 Milan hampir menggandakan keunggulan jika saja umpan Antonelli kepada Menez tidak dipotong oleh Vangelis Moras.

Di babak kedua Milan masih terus menguasai pertandingan, namun di tengah tekanan tim tamu Verona berhasil memperoleh tendangan penalti saat bola sundulan Juanito Gomez terkena tangan Alessio Romagnoli pada menit 71.

Mantan punggawa Milan, Giampaolo Pazzini, yang menjadi algojo dengan dingin melepaskan tendangan yang meski arahnya tertebak namun tak mampu dihalau Donnaruma.

Gol itu sekaligus menjadi pelecut semangat untuk Verona yang di sisa laga berkali-kali memaksa Donnaruma melakukan penyelamatan atas gawang yang dikawalnya.

Semangat Verona terbayarkan saat di pengujung laga mereka memperoleh tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti, yang ditendang oleh Siligardi melewati pagar betis dan menghujam ke dalam gawang menyempurnakan kebangkitan timnya memenangi laga 2-1.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Italia Seri A.

Verona (4-4-1-1): Pierluigi Gollini (PG); Eros Pisano, Matteo Bianchetti, Vangelis Moras, Michelangelo Albertazzi; Pawel Wszolek (Juanito Gomez), Lua Marrone, Artur Ionita, Ante Rebic (Romulo); Luca Siligardi; Giampaolo Pazzini (Luca Checchin)
Pelatih: Luigi Delneri

AC Milan (4-3-1-2): Gianluigi Donnaruma (PG); Ignazio Abate, Cristian Zapata, Alessio Romagnoli, Mattia De Sciglio (Luca Antonelli); Juraj Kucka, Riccardo Montolivo, Jose Mauri (Luiz Adriano); Keisuke Honda; Carlos Bacca, Jeremy Menez
Pelatih: Cristian Brocchi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016