Ciputat (ANTARA News) - Sebelum dinyatakan meninggal dunia, mantan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa sempat merasa tidak enak badan seperti masuk angin, yang kemudian dibawa ke Rumah Sakit Hermina.

"Beliau seperti tidak enak badan, dibawa ke rumah sakit, kemudian kata dokter tidak ada apa-apa hanya masuk angin," kata perwakilan keluarga Ali Nurdin di Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis.

Ali menceritakan, sejak Rabu, KH Ali Mustafa merasa kelelahan setelah banyak sekali acara yang dia hadiri.

Kemudian, Rabu malam dilarikan ke rumah sakit yang lalu dinyatakan dokter bahwa dia tidak mengidap penyakit yang serius. Setelah itu dia kemudian pulang ke rumah dan beristirahat.

KH Ali Mustafa sempat shalat subuh pada Kamis pagi, setelah itu kelahiran Batang 2 Maret 1952 ini pergi ke kamar mandi, kemudian kembali ke kamar dengan kondisi masih lemas.

"Karena terlihat masih lemas, jadi keluarga kembali membawa ke rumah sakit. Saat mau rekam jantung, dokter menyatakan beliau sudah meninggal dunia," ujar Ali.

Menurut Ali, almarhum memiliki riwayat penyakit diabetes, sehingga kerap membawa vitamin dan menjaga pola makan.

Namun, hingga menjelang akhir hayatnya, tidak diketahui apakah ada komplikasi dari penyakit itu.

KH Ali Mustafa Ya'qub wafat pada usia 64 tahun dengan meninggalkan seorang istri bernama Ulfah Uswatun Hasanah dan seorang putera berusia 24 tahun bernama Ziaul Haromain.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016