... Alhamdulillah kondisinya sangat prima sekali...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala RS TNI AD Gatot Subroto, Kolonel CKM dr Bambang Dwi Hasto SpB, menyatakan, kondisi kejiwaan 10 ABK yang disandera kelompok Abus Sayyaf di Filipina selatan, prima dan stabil.

"Alhamdulillah kondisinya sangat prima sekali," kata Hasto, di RS TNI AD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin. Selain kondisi kejiwaan setelah disandera sejak 26 Maret lalu, dokter juga memeriksa lengkap kondisi fisik mereka.

Hasil pemeriksaan kesehatan fisik dan jiwa mereka lalu diserahkan kepada Direktur Perlindungan WNI dan BHI dari Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal. 

Hasto sedikit mengurai pemeriksaan kesehatan yang dilakukan mereka. Tahap pertama adalah pemeriksaan kesehatan fisik oleh tim dokter spesilialis. 

Kemudian pemeriksaan penunjang laboratorium, jantung dan rongga dada, serta terakhir pendalaman atau konsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa alias ahli psikiatri.

"Kami sudah membuat resume pemeriksaan dan hasilnya diserahkan ke Kementerian Luar Negeri agar dijadikan bahan atau salah satu pegangan untuk mengembalikan beliau-beliau ke keluarganya masing-masing," kata Hasto. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016