Jumat, 22 September 2017

Peluncuran buku "The Story of Now" ALF 2016 dipadati pengunjung

| 7.076 Views
Jakarta (ANTARA News) - Peluncuran bukuASEAN Literary Festival (ALF) 2016 bertema "The Story of Now" dipadati pengunjung, Sabtu malam.

Menurut pantauan Antaranews, seluruh kursi pada ruangan Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, tempat buku berjudul "Nyanyi Sunyi Kembang-Kembang Genjer" diluncurkan, yang berkapasitas 242 orang dipenuhi para pengunjung.

Acara peluncuran buku karya Faiza Mardzoeki tersebut dibuka dengan pementasan teater monolog dari naskah dalam buku oleh aktris senior Pipien Putri.

"Proses pembuatan naskah buku drama ini diawali dengan sebuah penelitian selama hampir dua tahun, antara lain dengan mewawancarai para perempuan penyintas tahanan politik '65 di Yogyakarta, Solo, Klaten, Sragen, Semarang, Jakarta dan Belanda," kata Faiza di Jakarta, Sabtu.

Faiza memaparkan, buku drama terbitan Ultimus Bandung itu mengangkat kisah pergulatan pikiran dan batin lima perempuan berumur 70 hingga 83 tahun yang pernah menjadi tahanan politik '65 selama lebih dari sepuluh tahun.

Menurut Fai, sapaan akrabnya, masa lalu mereka merupakan bagian dari sejarah Indonesia yang ikut membentuk generasi sekarang.

Pada kesempatan tersebut, Faiza menyerahkan buku secara simbolis kepada seorang perempuan tahanan politik berusia sekitar 90 tahun, anak dari seorang tahanan politik yang turut dipenjara dan Komnas Perempuan.

Diketahui, salah satu acara dalam ajang ALF 2016 ini sempat menuai protes untuk dihentikan karena dinilai kontroversial. Sejumlah masyarakat sempat berunjuk rasa pada hari pertama pembukaan ALF 2016 yang berlangsung Kamis (5/5).

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar Pembaca
Baca Juga