AsiaNet 64419

SHANGHAI, Tiongkok, 13 Mei 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Pada tanggal 11 Mei bertempat di Fiji, UnionPay dan ANZ mengumumkan kalau kartu kredit UnionPay (kartu yang dimulai dari nomor 62) dapat digunakan di seluruh ATM ANZ dan titik penjualan di sembilan negara di kawasan Pasifik Selatan. Pengumuman ini menandakan debut kartu kredit UnionPay di kawasan Oseania. CEO UnionPay International, Cai Jianbo, dan ANZ Country Manager di Fiji, Saud Minam, menghadiri seremoni penandatanganan nota kesepahaman ini. Sejumlah pejabat publik yang juga turut hadir di event ini, diantaranya adalah; Jaksa Agung dan Menteri Keuangan Fiji, Aiyaz Sayed Khaiyum; Menteri Perdagangan Industri dan Pariwisata Fiji, Faiyaz Siddiq Koya; Komisaris Perdagangan Tiongkok Kementerian Perdagangan Fiji, Yolinda Chan; dan Ketua Badan Pariwisata Fiji, Truman Bradley.

ANZ adalah mitra penting UnionPay di kawasan Asia Pasifik. Pada bulan April 2014, kedua pihak menandatangani kesepakatan kerjasama yang langsung disaksikan oleh sejumlah pejabat publik dari kedua negara. Dengan kerjasama ini, ANZ memungkinkan kartu kredit UnionPay diterima di lebih dari 80.000 titik penjualan dan lebih dari 2000 ATM ANZ di Australia. Pada bulan Januari 2016, kartu kredit UnionPay telah diterima di seluruh ATM dan merchant afiliasi di Selandia Baru. Kini, kerjasama ini telah diperluas hingga ke sembilan negara di kawasan Pasisik Selatan, yang termasuk Fiji, Papua Nugini, Vanuatu, Samoa, Tonga, Kepulauan Cook, Kepulauan Solomon, Kiribati, dan Timor Leste.

Melalui kerjasama ini, cakupan akseptansi UnionPay di Fiji dan Papua Nugini akan naik secara drastis sebesar lebih dari 90%, serta memungkinkan perusahaan ini menjalani debutnya di Kiribati dan Timor Leste, dan mulai menjangkau jaringan merchant afiliasi ANZ di Samoa, Kepulauan Solomon, dan Kepulauan Cook. Ke depannya, UnionPay akan juga hadir di ATM-ATM Anz di Kamboja dan Vietnam.

Cai Jianbo mengatakan kalau negara-negara Pasifik Selatan merupakan bagian penting dalam "Jalan Sutera Maritim Abad ke-21". UnionPay International terus memperluas jaringan akseptansi kartu kredit UnionPay demi meningkatkan kemudahan pembayaran bagi para pemegang kartu kredit UnionPay yang berkunjung ke negara-negara di Pasifik Selatan. Kerjasama ini tidak hanya akan memperluas jangkauan akseptansi UnionPay dan pengalaman penggunaan kartu kredit di kawasan ini, tapi juga berkontribusi dalam memperkuat industri perbankan, khususnya penerbitan kartu kredit, sehingga memberikan opsi lebih banyak bagi para masyarakat.

Pada Forum Pasifik Tiongkok, Fiji, Vanuatu, dan Samoa dianggap sebagai destinasi wisata penting di Pasifik Selatan. Mengacu pada data dari Badan Pariwisata Fiji, 40.000 turis Tiongkok berkunjung ke Fiji pada 2015, naik 40% YoY. UnionPay International terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga terkemuka demi meningkatkan cakupan akseptansi dan pengalaman penggunaan kartu kredit di kawasan ini.

Untuk informasi lebih lanjut: http://www.unionpayintl.com/

Sumber: UnionPay International

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016