Sepertinya saya lebih nyaman bermain sebagai tunggal pertama karena saya merasa lepas tanpa beban
Kunshan, Tiongkok (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie membuka perlawanan tim Thomas Indonesia terhadap India dengan kemenangan, sehingga Merah Putih unggul 1-0 dalam laga terakhir penyisihan grup B Piala Thomas 2016 di Stadion Bulu Tangkis Kunshan, Tiongkok, Rabu.

Jonatan menaklukkan tungga pertama India Ajay Jayaram dua game langsung dalam pertandingan selama 37 menit dengan skor 21-14, 21-12.

Atlet asal klub Tangkas Jakarta itu menekan pemain peringkat 21 dunia itu sejak awal game pertama dengan memimpin 3-0, 7-1, dan 11-4. Jonatan menampilkan permainan reli-reli dan beberapa kali mengambil poin dari depan net.

Ketika Ajay berusaha menyempitkan jarak skor, 10-12, Jonatan terus menggeber dengan pola yang sama hingga menang 21-14.

"Sepertinya salah satu raket saya patah karena saya memaksakan untuk menyerang setelah senar raket terputus," kata Jonatan tentang tiga kali ganti raket sepanjang permainan.

Pada game kedua, Ajay sempat punya momentum untuk mengembalikan kedudukan dengan unggul 6-4, 7-5, 8-8, dan 9-9. Tapi, kombinasi permainan serangan menyilang dari belakang lapangan dan permainan depan Jonatan memaksa Ajay tunduk pada pemain berusia 18 tahun itu.

"Sepertinya saya lebih nyaman bermain sebagai tunggal pertama karena saya merasa lepas tanpa beban. Jika turun pada tunggal kedua, saya merasa harus menjadi penentu kemenangan tim atau setelah melihat pertandingan sebelumnya," kata Jonatan.

Ajay, menurut Jonatan, punya permainan yang bagus. Tapi dalam dua pertandingan sebelumnya dalam penyisihan grup B Piala Thomas 2016, Ajay selalu kalah baik dari tunggal pertama Thailand ataupun tunggal pertama Hong Kong.

"Kami selalu siap menghadapi siapapun pada perempat final. Kami hanya perlu berjuang maksimal bagi tim," katanya tentang putaran delapan besar pada Kamis (19/5).

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016