Ini untuk stimulus dan mudah-mudahan ke depannya makin banyak pihak yang mengadakan mudik gratis di Jawa Barat
Bandung (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat menyediakan sekitar 80 armada bus yang akan digunakan untuk program mudik gratis Idul Fitri 1436 Hijriah/2016 untuk masyarakat.

"Tahun ini ada mudik gratis, tahun kemarin (2015) tidak ada. Sekarang kita sedang lakukan sosialiasi terutama mengajak para penyedia jasa transportasi ada CSR atau pabrik/kawasan untuk ikut mudik gratis ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Senin.

Ia mengatakan program mudik gratis yang diadakan oleh Dishub Jawa Barat akan dikoordinasikan dengan program mudik gratis dari Pemprov Jawa Barat.

"Ini untuk stimulus dan mudah-mudahan ke depannya makin banyak pihak yang mengadakan mudik gratis di Jawa Barat," ujar dia.

Menurut dia, ada tiga titik awal keberangkatan mudik gratis yang diadakan Dishub Jawa Barat yakni Bekasi, Kabupaten Sukabumi dan Kota Bandung.

"Secepatnya akan kita infokan. Masyarakat yang berminat bisa datang ke kita (Kantor Dishub Jabar). Pokoknya sedang kita bahas dan proses. Secepatnya kita infokan nanti," kata dia.

Terkait persiapan jelang arus mudik dan balik Lebaran 2016, lanjut Dedi, Dishub telah melakukan pengecekan jalur mudik di Jawa Barat bersama dengan Polda Jawa Barat dan Dinas Bina Marga Jawa Barat.

"Beberapa hari lalu kita sudah lakukan (pengecekan jalur mudik). Jadi di mana saja titik yang jadi masalahnya. Polda juga sudah melakukan survei sehingga nanti diketahui cara bertindaknya," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016