Berlin (ANTARA News) - Rakyat Jerman tidak menginginkan bintang sepak bola Jerome Boateng yang lahir di Berlin dari ayah seorang Ghana, menjadi tetangga mereka, kata Alexander Gauland, wakil ketua partai anti-imigrasi Alternatif untuk Jerman, dalam koran Frankfurter Allgemeine Zeitung seperti dikutip Reuters.

"Orang melihat dia memang bagus sebagai pemain sepak bola tetapi mereka tak ingin Boateng menjadi tetangga mereka," kata Gauland.

Bek Bayern Muenchen itu adalah langganan tim sepak bola nasional Jerman dan diperkirakan akan masuk starting eleven Timnas Jerman bulan depan pada Piala Eropa, bersama dengan warga Jerman generasi ketiga keturunan Turki Mesut Ozil dan para pemain yang berlatarbelakang bukan Jerman asli.

Kekecewaan terhadap kebijakan politik Kanselir Angela Merkel yang menyambut pengungsi telah memelesatkan popularitas Alternatif Untuk Jerman yang anti imigrasi sehingga mendapat suara banyak pada Pemilu tahun ini.

Komentar Gauland itu disampaikan beberapa hari setelah para pendukung Kelompok Anti-Islam Jerman Pegida mengkritik keputusan sebuah pabrik cokelat yang mencetak foto para pesepakbola non kulit putih pada bungkus cokelat yang biasanya bergambar anak lelaki pirang bermata biru, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016